Iklan Banner
banner 468 pixel

bisnis online

Minggu, 23 Agustus 2009

Bisnis online

Bisnis online merupakan cara baru menghasilkan uang. Dengan menggunakan PC dan akses internet, kita dapat memulai bisnis yang dapat dikerjakan di rumah sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan sumber penghasilan utama.

Ada persamaan dan perbedaan antara bisnis online dan bisnis offline. Persamaannya yaitu kita menjalankan usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau rutin dengan menjual sesuatu. Sedang perbedaannya terletak pada cara kerja dan modal usaha.

Bagaimana Bisnis Online itu


Pertumbuhan pengguna internet terus meningkat. Orang ingin mendapatkan informasi apa saja melalui internet dengan cepat. Berbagai layanan besar disajikan secara cuma-cuma untuk menarik banyak pengguna. Ambil contoh saja mesin pencarian Google. Anda dapat menemukan informasi yang Anda cari dengan mengetikan kata atau frasa.

Mesin ini digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia setiap hari. Ada jutaan pengunjung setiap hari yang membuka halaman pencarian. Ini sudah tentu membuka peluang periklanan online yang sangat menjanjikan. Ketika seseorang mendapati halaman hasil pencarian, di sana ia juga akan disuguhkan iklan relefan dengan apa yang ia cari.

Para penyedia konten dan layanan ingin mendapatkan banyak pengunjung ke website mereka untuk menghasilkan keuntungan. Mereka juga termasuk penjual produk-produk digital seperti software, keanggotaan web, ebook dan sebagainya.

Bisnis ini melibatkan jual beli. Walau produk atau jasa yang diperdagangkan sama sekali tidak sama dengan bisnis offline pada umumnya, bisnis online tetap saja melibatkan distribusi produk dan jasa. Cara menjalankannya juga unik. Ini bisa dimulai dari hobi dan kesenangan, lalu menghasilkan uang disaat bersamaan. Lalu, siapa saja yang dapat menjalankan bisnis online?

Penyedia layanan online


Sebagai contoh, penyedia layanan email gratis seperti Yahoo! atau Gmail mendapatkan manfaat periklanan ketika jutaan pengguna memadati situs mereka. orang senantiasa akan dengan cepat merespon penawaran cuma-cuma. Dengan memberikan layanan email gratis, perusahaan raksasa itu dapat menayangkan iklan di halaman member area dan menghasilkan uang. Untuk dapat menampilkan iklan di halaman member, para pemasang iklan tentu saja harus membayar. Dan semakin banyak pengguna email gratis yang tumbuh setiap hari, maka semakin potensial periklanan online ini.

Penjual Produk atau jasa / Pedagang Online


Beraneka ragam produk dan jasa dipasarkan lewat internet. Mulai dari software, hardware, layanan internet seperti hosting dan domain, website design, pakaian, bahkan hingga rumah atau kendaraan.

Mereka ingin mendapat pengunjung sebanyak mungkin ke website mereka yang menampilkan presentasi produk/jasa. Untuk itu para pedagang ini tidak segan-segan membayar iklan di situs-situs besar seperti Google atau Yahoo! Dengan banyaknya pengunjung yang datang, mereka dapat menciptakan penjualan dan menghasilkan uang.

Pengguna Internet


Pengguna internet merupakan prospek atau leads. Tanpa adanya para pengguna, bisnis online tidak dapat berjalan. Para pengguna ini datang dari hari ke hari, tumbuh semakin pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi. Bisnis online tidak akan pernah surut selagi mereka terus berdatangan untuk mencari sesuatu lewat internet.

Para pemasar / Marketer


Tidak di dunia offline maupun online, broker dalam perdagangan selalu ada. Para marketer ini menjual jasa pemasaran untuk menghasilkan uang. Mereka akan bekerjasama dengan pedagang, perusahaan periklanan, dan industri marketing. Para marketer ini memiliki kesempatan untuk turut membantu menjualkan produk dan mendapat komisi. Ini akan dibahas lebih detil pada artikel mengenai affiliate program.

Bisnis online dapat dijalankan oleh siapa saja yang dapat menggunakan PC dan mengakses internet. Tidak perduli usia, lokasi dan apa yang mau diperdagangkan. Selagi Anda bisa menyajikan topik atau informasi yang dicari banyak orang, Anda dapat menjadikannya sebagai bisnis online yang menghasilkan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar